PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA KOPERASI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM JAYA MANDIRI KOTA MALANG

Indonesia

Authors

  • Reni Kusmita Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Jujur Harjuni Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, citra koperasi, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra koperasi dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Koperasi Simpan Pinjam Jaya Mandiri Malang. Jenis penelitian ini digunakan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Responden penelitian adalah pelanggan di Koperasi Jaya Mandiri dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel dari penelitian ini diambil dengan metode random sample sampling dan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan Software SPSS Statistics 22 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan, citra koperasi dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan kualitas pelayanan, citra koperasi dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Published

2022-10-10