ANALISIS ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. AERO FOOD INDONESIA SIDOARJO

Indonesia

Authors

  • Sutoyo Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ABI Surabaya

Keywords:

Organizational Citizenship Behaviour , Kinerja Karyawan

Abstract

Kemampuan karyawan tercermin dari kinerja, kinerja yang baik adalah kinerja yang optimal. Kinerja karyawan tersebut merupakan salah satu modal bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya. Dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan yang optimal, manajemen perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT. Aero Food Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri minuman ringan yang berlokasi di Sidoarjo. Berdasarkan observasi peneliti, PT. Aero Food Indonesia memiliki masalah dalam hal penurunan kinerja karyawannya khususnya di bagian produksi yang dapat dilihat dari turunnya jumlah produksi dan meningkatnya tingkat absensi karyawan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja seorang karyawan, berdasarkan hasil pengamatan dan adanya dukungan empirik maka peneliti membatasi faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dalam penelitian ini yaitu faktor Organizational Citizenship Behaviour . Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behaviour  terhadap kinerja karyawan di PT. Aero Food Indonesia Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 63 responden dengan menggunakan metode random sampling. Teknik analisis yang dipergunakan adalah Partial Least Square [PLS] untuk mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa variable Organizational Citizenship Behaviour  memberikan kontribusi terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Published

2022-10-10