https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/issue/feed Seminar Nasional Manajemen Jayanegara 2023-08-26T12:21:07+00:00 Open Journal Systems <p>Seminar ini bertujuan untuk mengetahui perubahan transformasi manajemen beserta ekonomi digital dengan adanya society 5.0 dengan nilai humanis didalamnya. Tidak dipungkiri beragam masalah dalam pencapaian target ini cukup banyak, diantaranya perubahan model bisnis berbagai sektor dari konvensional ke digital. Faktor sosiokultur masyarakat yang tidak dengan cepat dapat mengadopsi sistem ekonomi digital baik dalam kajian akademis dan praktis. Faktor lain adalah kendala yang dialami pelaku startup, masalah internasionalisasi (perusahaan-perusahaan nasional yang diakusisi oleh perusahaan asing), perlindungan konsumen, serta regulasi dari transaksi online itu sendiri.</p> https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/497 SUMBER DAYA MANUSIA, INKLUSI TEKNOLOGI DIGITAL DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA 2023-08-26T09:17:13+00:00 Zulfa Alviatus Syahrin Zulfaalviatussyahrin@gmail.com Yuda Agus Setiawan Yudaagussetiawan@gmail.com Yenni Fayanni Yennifayanni@gmail.com <p>Penelitian ini menyelidiki peran pengembangan modal manusia melalui mekanisme<br>pendidikan dan kesehatan, inklusi teknologi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kami <br>menggunakan data sekunder dari bank dunia dan metode analisis kuantitatif Vektor<br>Autoregression. Kami menemukan bahwa pengembangan sumber daya manusia melalui <br>mekanisme pendidikan dan kesehatan dengan indikator investasi pemerintah di bidang <br>pendidikan dan kesehatan mendorong inklusi teknologi yang diindikasi dari penggunaan <br>akses internet dan pertumbuhan ekonomi</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/498 PENGARUH PENGAMPUNAN PAJAK TERHADAP FIRM VALUE DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING 2023-08-26T09:27:00+00:00 Mas Ajeng Melyna Masajengmelyna@gmail.com Anggraini Shofiyah Nur Yustina S. Anggrainishofiyahnuryustinas@gmail.com Muhamad Mukhlis Muhamadmukhlis@stiekn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengampunan pajak terhadap firm value<br>dengan tax avoidance sebagai variabel intervening pada laporan keuangan perusahaan industri terdaftar <br>BEI yang mengungkapkan PSAK 70. Pengampunan pajak diproksikan dengan variabel dummy, firm <br>value diproksikan dengan rasio Q, dan tax avoidance diproksikan dengan cash effectiveness tax ratio. <br>Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi 173 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan <br>metode purposive sampling dengan kriteria terdaftar BEI selama periode 2014-2018, mendapatkan status <br>kurang bayar pajak selama periode 2014-2018, dan mengikuti program pengampunan pajak. Penelitian <br>menggunakan alat WarpPLS 7.0, diperoleh hasil penelitian bahwa tax avoidance tidak dapat menjadi <br>variabel intervening untuk pengaruh pengampunan pajak terhadap firm value.</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/499 PENERAPAN MODEL EDU–FINANCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN PADA INDUSTRI KREATIF DI KABUPATEN SIDOARJO 2023-08-26T09:37:37+00:00 Endro Lestari Endrolestari@gmail.com Dicky Feriza Putra Dickyferizaputra@gmail.com Eny Lestari Widarni enylestariwidarni@stiekn.ac.id <p>UMKM industri kreatif memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi besar dan<br>memiliki daya saing, jika memiliki manajemen yang solid. Untuk itu diperlukan <br>sebuah model manajemen UMKM yang dapat dijadikan pedoman oleh UMKM<br>dalam mengelola usahanya. Pengembangan UMKM masih mengalami permasalahan <br>berkait dengan pengetahuan keuangan. Pentingnya edukasi pada UMKM secara <br>sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan mengenai literasi keuangan diharapkan <br>dapat membangun fondasi bisnis yang kuat sangat dibutuhkan.Peningkatan literasi<br>keuangan diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada kestabilan sistem <br>keuangan, mengurangi kerentanan dalam sistem keuangan dan membuat keputusan<br>yang efektif terhadap sumber daya keuangannya<br>Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif <br>karena menggunakan data berupa angka-angka dalam analisis statistik deskriptif. <br>Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku ekonomi UMKM industri kreatif di<br>Kabupaten Sidoarjo dengan sampel sebanyak 68 UMKM industri kreatif di<br>Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan <br>keuangan, perilaku keuangan, sikap keuangan, keterampilan keuangan, dan kinerja <br>keuangan tergolong rendah karena berada di bawah 60%. Tingkat literasi keuangan <br>yang tinggi diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan karena dengan meningkatkan <br>tingkat literasi keuangan, pelaku ekonomi UMKM industri kreatif di Kabupaten<br>Sidoarjo dapat mengambil keputusan keuangan dengan lebih baik sehingga <br>perencanaan keuangan usaha menjadi lebih optimal yang pada akhirnya dapat <br>meningkatkan kesejahteraan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan <br>kelima variabel yang menggunakan tingkat literasi keuangan UMKM berada pada <br>kategori rendah. Oleh karena itu dibutuhkan model yang sesuai untuk meningkatkan <br>pengetahuan literasi keuangan pada UMKM industri kreatif di Kabupaten Sidoarjo, <br>dengan mengedepankan pentingnya perencanaan dan evaluasi yang menghasilkan <br>feedback bagi peningkatan literasi keuangan.</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/501 PENERAPAN FINANCIAL TECHNOLOGY PEER TO PEER LENDING DARI PERSPEKTIF PENERIMA PINJAMAN DI WILAYAH KOTA MALANG 2023-08-26T11:24:12+00:00 Hardianto Prabowo Hardiantoprabowo@gmail.com Oktavia Rizki Awalia Oktaviarizkiawalia@gmail.com Sri Harnani sriharnani@stiken.ac.id <p>Keberadaan P2P lending sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan <br>pendanaan dengan cepat dan mudah. Namun kemudahan tersebut memiliki risiko yang tinggi <br>seperti tingkat suku bunga tinggi dan gagal bayar. Penelitian ini bertujuan menganalisis <br>keefektivan layanan Peer to Peer (P2P) lending, perspektif dari penerima pinjaman, dengan<br>menggunakan Teori efektivitas Delone &amp; Mclean Information System Success Model. <br>Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian<br>ini adalah pengguna P2P lending yang berdomisili di Kota Malang. Tenik purposive sampling <br>menggunakan kriteria pernah/sedang melakukan pinjaman dana pada platform P2P lending. <br>Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikirim secara online kepada responden<br>dengan sampel sejumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Financial <br>Technology P2P lending dari perspektif penerima pinjaman di wilayah Kota Malang dinilai <br>efektif, dengan nilai efektivitas sebesar 67.28%</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/502 ANALISIS PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA 2023-08-26T11:34:51+00:00 Rinna Siti Nur Azizah Rinnasitinurazizah@gmail.com Yanu Antika Ningsih Yanuantikaningsih@gmail.com Meinarti Puspaningtyas meinartipuspaningtyas@stiekn.ac.id <p>The company is expected to generate maximum profits for the survival of the <br>company. Then the company needs to increase profitability. In increasing profitability, it is <br>important to consider components that support increased profitability. The research objective is <br>to test and analyze the effect of cash turnover, accounts receivable turnover, working capital <br>turnover, and inventory turnover on ROA. The population is the textile and garment sub-sector <br>manufacturing companies in the 2014-2018 period. The sample used by a number of 6 <br>companies with a purposive sampling method. The research data analysis method is multiple <br>linear analysis. The result is the independent variable influences simultaneously with the <br>dependent variable having a significance of 0.001 &lt;0.05. Partially cash turnover has an effect <br>on ROA has a significance of 0,000 &lt;0.05. Receivables turnover has a significant 0.018&gt; 0.05 <br>effect on ROA. The significance of working capital turnover is 0.106&gt; 0.05 so ROA is not <br>influenced by working capital turnover. Significant inventory turnover 0.666&gt; 0.05, inventory <br>turnover has no effect on ROA</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/503 PENERAPAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI DALAM INSTANSI APARATUR DESA 2023-08-26T11:42:04+00:00 Mochamad Wahyudi Mochamadwahyudi@gmail.com Dian Elok Pitajeng Dianelokpitajeng@gmail.com Bambang Hadi Prabowo bambanghadiprabowo@gmail.com <p>Pembahasan studi ini ditujukan tak lain guna memahami seberapa baik sistem informasi yang <br>diimplementasikan pada instansi pemerintah aparatur Desa dan pengaruh dari penerapan sistem informasi dan <br>teknologi pada perangkat desa khususnya transparansi public untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. <br>Lingkup studi yang kami teliti yakni Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. <br>Permasalahan yang ada pada instansi pemerintah Desa Wringinputih diantaranya rumitnya alur prosedur pelayan <br>publik contohnya adalah pembentukan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan, Penyerahan Bantuan <br>Raskin, dan lain sebagainya. Selain itu, pelaksanaan servis yang dilakukan kepada masyarakat terkesan kaku dan <br>tidak ramah. Sehingga membuat masyarakat kecewa atas pelayanan publik dan menjadi kurang partisipatif. Hal <br>ini menyebabkan nama baik instansi Desa Wringinputih sebagai Instansi pelayanan publik di desa menjadi <br>buruk. Pembahasan studi ini penulis lakukan dengan menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan <br>pengumpulan data studi Pustaka.</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/504 ANALISIS INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK DI KOTA MALANG 2023-08-26T11:46:45+00:00 Mohammad Dhendik F MohammaddhendikF@gmail.com Mirta Wahyu W Mirtawahyuw@gmail.com Danyswara Madyasta Danyswaramadyasta@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh lamanya hubungan audit, audit <br>fee dan hubungan keluarga terhadap independensi akuntan publik.<br>Dalam penelitian ini yang merupakan populasi adalah seluruh akuntan publik pada Kantor <br>Akuntan Publik di Malang, dimana jumlah KAP di Malang berjumlah 41 (empat puluh satu) <br>KAP pada tahun 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 30 KAP. Untuk menguji hipotesis <br>digunakan uji Partial Least Square (PLS).<br>Berdasarkan hasil analisis dan telah melakukan pengujian, maka dapat ditarikkesimpulan hasil <br>penelitian ini sebagai berikut : Lamanya Hubungan Audit berpengaruh signifikan terhadap <br>Independensi Auditor. Audit Fee berpengaruh signifikan terhadap Independensi Auditor.<br>Hubungan Keluarga berpengaruh signifikan terhadap Independensi Auditor</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/505 PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI ADMINISTRASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN DI KPP PRATAMA MALANG SELATAN 2023-08-26T11:51:14+00:00 Ferianti Puspita Sari Feriantipuspitasari@gmail.com Fina Amaliah Hidayanti finaamaliahhidayanti@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengetahuan Perpajakan dan sanksi administrasi <br>pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam pelaporan Pajak Penghasilan di KPP Pratama <br>Malang Selatan<br>Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah wajib pajak penghasilan orang pribadi pada <br>KPP Pratama Malang Selatan . teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier <br>berganda. Regresi linier berganda merupakan persamaan regresi dengan menggunakan dua atau <br>lebih variabel independen.<br>Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan <br>Perpajakan dan sanksi administrasi terhadap kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama Malang <br>Selatan, maka dapat disimpulkan:Variabel Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi administrasi <br>secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak sehingga dapat <br>disimpulkan bahwa variabel Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi administrasi secara simultan <br>berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Malang Selatan</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/506 PENGARUH TINGKAT KESADARAN WAJIB PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, DAN TATA CARA PEMBAYARAN TERHADAP KEBERHASILAN PENERIMAAN PBB DI KELURAHAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG 2023-08-26T11:54:25+00:00 Shofiyah Nur Yustina Shofiyahnuryustina@gmail.com Rachmad Santoso Rachmadsantoso@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kesadaran Wajib Pajak, <br>Pemahaman peraturan perpajakan, dan Tata Cara Pembayaran berpengaruh secara simultan <br>terhadap Keberhasilan Penerimaan PBB di Kelurahan Donomulyo Kabupaten Malang<br>Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer dan data skunder. Populasi pada <br>penlitian ini ialah seluruh wajib Pajak Bumi dan Bangunan dengan menggunakan Simple <br>Random Sampling untuk wilayah Kelurahan Donomulyo yang berjumlah 2.123 WP rumahan, <br>dengan jumlah sampel 96 WP. Alat uji yang digunakan ialah Regresi Linier Berganda yang <br>menggunakan program SPSS.<br>Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Tingkat Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman <br>peraturan perpajakan, dan Tata Cara Pembayaran berpengaruh terhadap Keberhasilan <br>Penerimaan PBB, teruji kebenarannya.</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/507 ANALISIS GREEN PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK “CLUB” DI MALANG 2023-08-26T12:00:41+00:00 Hasan Mustofa Hasanmustofa@gmail.com Indah Maya Sari Indahmayasari@gmail.com Cahya Budhi Irawan cahyabudhiirawan@gmail.com <p>Club is one of the products launched by Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) <br>which implements Green Advertising. This study aimed to determine the influence of Green <br>Advertising and Green Product towards Green Purchase Intention with Green Trust as <br>mediation variable on consumers of water packaging Club in Malang.<br>This research use explanatory research with a quantitative approach, and instrument of this <br>research is using questionnaire. The sample used is 130 respondents who are minimum 17 years <br>old, domiciled in Rungkut District Malang, and are consumers of water packaging by Club<br>brand.instrument validity test using Product Momment Pearson, and the realibility test using <br>Alpha Cronbach. Partial Least Square analysis is used to test the hypothesis of this research.<br>The results show that (1) Green Advertising do not have a strong influence to Green Trust on <br>CLUB consumers, (2) Green Products have a strong influence to Green Trust on CLUB<br>consumers, (3) Green Advertising do not have a strong influence to Green Purchase Intention <br>on CLUB consumers, (4) Green Products do not have a strong influence to Green Purchase <br>Intention on CLUB consumers, and (5) Green Trust have a strong influence to Green Purchase <br>Intention on CLUB consumers</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/508 UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN DEWAN KOMISARIS SEBAGAI MEDIASI 2023-08-26T12:08:42+00:00 Sobran Jamilah Sobranjamilah@gmail.com Novin Sudrajat Novinsudrajat@gmail.com Avita Cinthia Lestari Avitacinthialestari@gmail.com Ema Sulisnaningrum Emasulisnaningrum@gmail.com <p>Information is a fundamental need for investors and potential investors for <br>decision making. The existence of complete information, accurate and timely allowing <br>investors to be rational decision-making so that the results obtained as expected. <br>Demands on companies to provide transparent information, the organization <br>accountable and good corporate governance is increasingly forcing companies to <br>provide information about social activities related to the organization's interaction with <br>the physical environment and social environment, which is made in company annual <br>reports or social reports separately. This study aims to examine some factors that affect <br>the disclosure of corporate social responsibility. This study tried to develop a board of <br>commissioners as the intervening variable of firm size on the disclosure of corporate <br>social responsibility. The sample in this study was determined by sampling pourposive. <br>The population was 219 company listed on the Indonesia stock exchange. Data were <br>analyzed using Path Analysis with SPSS.<br>The results indicate that company size does not influence directly on the disclosure of <br>corporate social responsibility, and comisaris council can not serve as an intervening variable <br>in the influence of company size on disclosure of corporate social responsibility</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/509 PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PERATURAN PAJAK, PENYULUHAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK TRANSAKSI E-COMMERCE DI MALANG 2023-08-26T12:14:15+00:00 Abdul Fatah Abdulfatah@gmail.com Amiruddin Akfar Amiruddinakfar@gmail.com Eko Bryan Nasution Ekobryannasution@gmail.com Rachmawati Rachman Rachmawatirachman@stiekn.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan <br>peraturan pajak dan penyuluhan perpajakan terhadap kepatuhan pembayaran pajak transaksi ecommerce<br>Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku E-commerce dibidang fashion yang beroperasi di <br>akun media sosial Instagram dan berkedudukan di Malang. Model analisis yang digunakan <br>dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Model analisis ini dipilih karena penelitian <br>ini dirancang untuk meneliti pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. <br>Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut: <br>Kesadaran wajib pajak secara parsial terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap <br>kepatuhan membayar pajak pelaku e-commerce. Pengetahuan peraturan pajak secara parsial <br>terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak pelaku ecommerce. Penyuluhan perpajakan secara parsial terdapat pengaruh positif tidak signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak pelaku e-commerce</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/senaja2020/article/view/510 PENILAIAN KINERJA DALAM PENENTUAN REMUNERASI MELALUI PENGEMBANGAN KARIR PADA PEGAWAI DINAS PERTANIAN KABUPATEN MOJOKERTO 2023-08-26T12:21:07+00:00 Heri Susanto Herisusanto@gmail.com Teguh Soedarto Teguhsoedarto@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penilaian kinerja terhadap <br>penentuan Remunerasi pegawai Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dan untuk <br>mengetahui pengaruh penilaian kinerja terhadap penentuan Remunerasi melalui <br>pengembangan karir pegawai Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian <br>yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif (hubungan) dengan teknik <br>analisa data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Dinas <br>Pertanian Kabupaten Mojokerto sejumlah 57 (lima puluh tujuh) orang. Jumlah sampel yang <br>akan diteliti sama dengan jumlah populasi dari subyek yang akan diteliti, yaitu seluruh pegawai <br>yang ada di Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto.Teknik analissa data yang digunakan dalam <br>penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Dari hasil uji secara parsial dengan analisis <br>path, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan yang positif antara penilaian <br>kinerja terhadap pengembangan karir pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto. <br>Dari hasil penelitian ini pengembangan karir berkorelasi yang sedang sebesar 0,461 terhadap <br>Remunerasi. Pada penelitian ini variabel penilaian kinerja berpengaruh signifikan terhadap <br>variabel Remunerasi</p> 2021-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023