ANALISIS KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI MALANG

Indonesia

Authors

  • Anik Urrohma Program Studi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Maulid Dian Program Studi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Rachmawati Rachman Program Studi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang

Keywords:

Kompetensi akuntan publik, Independensi akuntan publik, Profesionalisme akuntan publik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara empiris apakah terdapat pengaruh antara kompetensi dan independensi akuntan publik terhadap profesionalisme akuntan publik dan untuk mengetahui dan menguji secara empiris faktor manakah yang lebih mempengaruhi profesionalisme dari para akuntan publik.

Jumlah anggota sampel yang dibutuhkan sebanyak 41 responden pada Kantor Akuntan Publik di Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dengan simple random sampling. Untuk menjawab perumusan masalah, tujuan dan hipotesis penelitian, maka analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda.

Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka sesuai dengan perumusan masalah, tujuan, regresi linier berganda dengan 2 prediktor dan hipotesis yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi akuntan publik dan independensi akuntan publik berpengaruh terhadap profesionalisme akuntan publik, dan besar pengaruhnya adalah 41,5% sedangkan sisanya 58,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini, sehingga hipotesis ke-1 teruji kebenarannya. Variabel kompetensi akuntan publik yang lebih dominan mempengaruhi profesionalisme akuntan publik, dibandingkan independensi akuntan publik, sehingga hipotesis ke-2 teruji kebenarannya.

Downloads

Published

2020-08-12