ANALISIS KEPEMIMPINAN KHARISMATIK, KOMITMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BALATIF MALANG

Indonesia

Authors

  • Ramadhan Prima Anggoro Putra Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Bambang Hadi Prabowo Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang

Keywords:

Kepemimpinan, komitmen organisasi, Budaya Organisasi, Kinerja Pegawai.

Abstract

Setiap organisasi pemerintah dituntut untuk dapat mengoptimalkan sumber daya manusia dan bagaimana sumber daya manusia dikelola. Pengelolaan sumber daya manusia tidak lepas dari faktor karyawan yang diharapkan dapat berprestasi sebaik mungkin demi mencapai tujuan organisasi pemerintah. Kinerja karyawan akan meningkat dan mampu memenuhi tanggug jawab pekerjaannya akan sangat tergantung pada perilaku dari pimpinan, apabila pimpinan mampu melaksanakan dengan baik, sangat mungkin organisasi tersebut akan mencapai sasarannya. Komitmen organisasi menjadi perhatian penting dalam banyak penelitian karena memberikan dampak signifikan terhadap perilaku kerja seperti kinerja pegawai. Selain kepemimpinan Kharismatik dan komitmen organisasional, peran budaya organisasi mampu memberikan kontribusi terhadap kinerja. Budaya Organisasi adalah suatu persepsi yang dianut oleh seluruh anggota atau sistem dari makna bersama.

Tujuan penelitian ini mengetaui pengaruh secara simultan dan parsial Kepemimpinan Kharismatik, Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja PT Balatif Malang. Sampel penelitian sebanyak 52 pegawai yang dijadikan responden penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda dengan program SPSS for Window.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa bagik secara simultan Kepemimpinan Kharismatik, Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kinerja PT Balatif Malang. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai adalah gaya kepemimpinan transforasional.

Downloads

Published

2023-10-09