PENGARUH HARGA, PRODUK, TEMPAT, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAYBELLINE PADA CENTERPOINT (MOG) DI KOTA MALANG

Indonesia

Authors

  • Wynda Maulida Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Ema Sulisnaningrum Prodi Akuntansi STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang

Keywords:

produk, harga, tempat, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4) terhadap keputusan pembelian produk Maybelline pada CenterPoint (MOG) di kota Malang serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Maybelline di kota Malang.

Penelitian ini dilaksanakan di Counter Maybelline CenterPoint Mall Olympic Garden di Malang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden diambil secara accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif untuk menjelaskan data penelitian dan deskripsi penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan analisis regresi linear berganda dan parsial dengan menggunakan SPSS 18.

Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Maybelline pada CenterPoint (MOG) di kota Malang. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel place (X3) yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Maybelline (Y), hal ini dikarenakan variabel place memiliki nilai koefisien regresi terbesar serta memiliki nilai signifikan terkecil dari variabel product, price, dan promotion.

Downloads

Published

2022-04-18