ANALISIS THIN CAPITALIZATION DAN INVENTORY INTESITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Indonesia

Authors

  • Dhani Ichsanuddin Nur Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Agresivitas Pajak, Thin Capitalization dan Inventory Intesity.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Thin Capitalization dan Inventory Intesity terhadap agresivitas pajak.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder laporan keuangan. Populasi penelitian ini sejumlah 30 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling yang kemudian didapatkan sampel sejumlah 65 dari data 13 perusahaan. Analisis data menggunakan teknik analisis persamaan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan Thin Capitalization dan Inventory Intesity tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak selama periode 2017-2021. Artinya, tinggi rendahnya nilai Thin Capitalization dan Inventory Intesity tidak mempengaruhi keputusan  perusahaan untuk melakukan agresivitas pajak.

Downloads

Published

2022-04-18