PENGARUH FITUR DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO 125 eSP di KOTA MALANG
Indonesia
Keywords:
kualitas produk, fitur produk, desain produk dan keputusan pembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial dan dominan atribut produk yang meliputi kualitas produk, fitur produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Honda Vario Techno di Kota Malang. Pada penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen sepeda motor skuter otomatik Honda Vario Techno yang tersebar di 5 dealer di Kota Malang. Karena jumlah populasi tidak dapat diketahui secara pasti, maka besarnya sampel ditentukan dengan mengkalikan 25 dengan variabel independen. Berdasarkan ketentuan tersebut maka besarnya sampel yang digunakan adalah 3 X 25 = 75 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil uji analisis regresi berganda yang telah dilakukan, dihasilkan koefisien regresi pada variabel kualitas produk, fitur produk dan desain produk memiliki hubungan yang searah, yang artinya semakin baik kualitas produk, fitur produk dan desain produk Honda Vario Techno maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk, fitur produk dan desain produk memiliki pengaruh secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda vario techno. Berdasarkan hasil uji secara dominan, ditemukan bahwa kualitas produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Honda Vario Techno di Kota Malang.