ANALISIS KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TIMUR

Indonesia

Authors

  • Rina Fariyani Prodi Magister Manajemen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Tri Kartika Pertiwi Prodi Magister Manajemen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Kompetensi, Lingkungan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja pegawai adalah hasil atau kinerja pegawai yang dinilai dari segi kualitas dan komitmen berdasarkan standar kerja yang ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai, 2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai, 3) untuk mengetahui pengaruh kompetensi melalui komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai, 4) untuk mengetahui pengaruh kompetensi melalui komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai. pengaruh lingkungan kerja melalui komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.

Objek penelitian ini adalah pegawai ASN di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang berjumlah 91 orang. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS).

Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) kompetensi pegawai yang tinggi dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan lebih baik, 2) lingkungan kerja yang baik dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan lebih baik, 3) komitmen organisasi berpengaruh sebagai variabel yang memediasi hubungan antara kompetensi dan kinerja pegawai, dan 4) komitmen organisasi berpengaruh sebagai variabel yang memediasi hubungan antara lingkungan kerja dengan kinerja pegawai.

Downloads

Published

2021-10-18