Jurnal Abdimas Jayanegara https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj <p>JASJ merupakan jurnal yang dikelola dibawah unit Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang. Jurnal yang berbasis pada pengabdian masyarakat ini difokuskan pada empat (4) Pilar isu-isu unggulan Perguruan tinggi STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang, yaitu: pengabdian yang konsen pada isu isu ekonomi berwawasan kearifan lokal, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup, serta pengabdian yang memacu pada upaya pengelolaan keragaman di masyarakat sekitar kampus–kampus multi-etnik di Malang. Melalui empat isu di atas sekaligus menjembatani visi dan misi perguruan tinggi STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang. Untuk itu pengembangan kampus melalui pusat penelitian dan pengabdian masyarakat ini akan terus membangun kemitraan strategis baik dengan masyarakat, universitas serta para pemangku kebijakan lokal nasional maupun internasional.</p> en-US jasj@stiekn.ac.id (Admin jurnal JASJ) jasj@stiekn.ac.id (admin) Mon, 12 Feb 2024 09:12:32 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EDUKASI HAKI PADA UMKM SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/549 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Keberadaan UKM di Kota Malang sangat beragam tidak saja dalam bentuk makanan-makanan tradisional khas Malang tapi juga tersebar dalam berbagai usaha kreatif. Bahwa Kebijakan Pemerintah jelas, per 31 Desember 2015 telah dibuka MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean, sehingga berdampak pada peredaran lalulintas perdagangan yang akan melibatkan berbagai Negara dan melintasi batas-batas Negara, termasuk mungkin akan datang ke Malang, akan masuk para pengusaha asing untuk ikut berkompetisi dengan para UKM yang telah ada. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana meningkatkan kesadaran hukum para pelaku usaha kecil terhadap hak merek dan hak cipta, serta upaya apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam memeberikan perlindungan hukum kepada kelompok usaha kecil dan menengah. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan sosialisasi, penyuluhan hukum dan pendampingan pendafaptaran hak merek dan hak cipta. Hasil penyuluhan mengemukakan bahwa kesadaran hukum masyarakat terhadap hak cipta dan hak merek masih rendah oleh karena itu perlu ada upaya perlindungan hukum bagi para UKM yang ada di Kota Malang. Oleh karena itu dilakukan sosialisasi dan penyuluhan hukum kepada para UKM yang ada di Kota Malang,mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) khususnya tentang pentingnya menjaga merek dan reputasi perusahaan dengan mendaftarakan merek atau hak patennya sesuai dengan mekanisme Undang Undang. Perlindungan hukum harus dilakukan karena Undang Undang Hak Cipta dan hak Merek mengatur bahwa pendaftaran Hak merek menggunakan system First To File bukan First To Invent, artinya siapa yang pertama kali mendaftar itulah yang akan dilayani dan dilindungi oleh udang undang</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Eny Lestari Widarni, Askar, Danyswara Madyasta, Firda Ayu Shinta H. S Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/549 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SECARA BIJAK DI SMAN 02 BOJONEGORO https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/550 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Media sosial adalah sebuah media online, dengan cara penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi. Perkembangan media sosial akhir-akhir ini sangat pesat. Sehingga menjadi topik hangat untuk dibahas karena banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial namun kurang memahami makna medianya itu sendiri. Perkembangan media sosial secara langsung berdampak terhadap tatanan dari perilaku manusia, baik sebagai sarana informasi maupun sebagai sarana sosialisasi dan interaksi antar manusia. Media sosial seakan menjadi tempat menumpahkan segala aktivitas yang tidak jarang mengesampingkan beragam etika yang ada. Hal ini dilihat dari penggunaan bahasa non baku dan tidak resmi dalam berkomunikasi. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lainnya. Komunikasi akan lebih efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan. Adapun Etika komunikasi yang baik dalam media sosial adalah jangan menggunakan kata kasar, provokatif, porno ataupun SARA; jangan memposting artikel atau status yang bohong; jangan mencopy paste artikel atau gambar yang mempunyai hak cipta, serta memberikan komentar yang relevan.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Hermawan Budi Prasetiyo, Abil Mi’rojul Muslimin, Lisa Kartikasari Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/550 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 SOSIALIASI PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEMASARAN PRODUK HASIL UMKM DESA JONO KECAMATAN TEMAYANG https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/551 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah sesuai undang-undang no.20 tahun 2008. Pertumbuhan perekonomian nasional tidak terlepas dari perekonomian pedesaan karena sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal dipedesaan. Apabila kondisi ekonomi di desa sudah maju dan mandiri maka masyarakat akan sejahtera. Desa Jono mempunyai potensi yang baik, diantaranya hasil perkebunan, pertanian, dan peternakan. Kondisi perekonomian desa Jono ditopang oleh aktivitas pasar dan letaknya yang jauh dari perkotaan dinilai kurang strategis dalam melakukan pemasaran produk. Perkembangan internet dan teknologi, seperti media pemasaran secara elekronik yang dikenal dengan ecommerce. Bagaimana potensi desa yang sudah dikelola dengan adanya UMKM bisa dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya dengan memanfaatkan media e-commerce. Fokus pengabdian kepada masyarakat di desa Jono kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro yaitu melatih dan melakukan pendampingan penggunaan secara terjadwal dalam memanfaatkan media e- commerce kepada pelaku UMKM guna meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM yang lebih luas, kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa Jono.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Susilowati Rahayu, Putri Hana Hafida, Alfina Damayanti Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/551 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DESA SUKUN KECAMATAN SUKUN MALANG https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/552 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Pemberdayaan ekonomi merupakan upaya yang di lakukan untuk meningkatkan perekonomian agar mampu bersaing dalam mekanisme pasar. Pembahasan studi ini memiliki tujuan supaya dapat mengetahui “pemberdayaan ekonomi” melalui sentra usaha mikro kecil menengah bengkel motor yang ada di Desa Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang, untuk mengetahui hambatan apa yang di alami oleh pemilik bengkel dan strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik pelanggan. Pembahasan studi ini menerapkan “metode kualitatif deskriptif” dimana pengumpulan datanya menerapkan “metode wawancara, observasi, dan dokumentasi”. Agar kita dapat mengetahui apakah dengan adanya sentra usaha mikro kecil menengah bengkel motor ini masyarakat di sekitar perekonomiannya berdaya dan meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya sentra usaha mikro kecil menengah bengkel motor ini masih belum ada pemberdayaan karena belum ada bantuan khusus dan pelatiahan khusus dari pemerintah Desa Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Bambang Hadi Prabowo, Budi Sasongko, Suharyanik, Devi Tri Rahayu Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/552 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 EDUKASI PENGELOLAAN BUMDES DESA BLIMBING KOTA MALANG https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/553 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Pengabdian kepada Masyarakat merupakan suatu media untuk menjembatani dunia pendidikan dengan masyarakat dimana Perguruan Tinggi dihadapkan pada masalah bagaimana agar warga masyarakat mampu menghadapi tantangan. Lebih jauh ke depan di era globalisasi dengan berwirausaha di Kota Malang menjadi salah satu pilot proyek yang dapat dijadikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peluang berwirausaha. Pengabdian ini bertujuan untuk Pemberdayaan Masyarakat melalui peningkatan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bagi aparatur desa dan Pengelola BUMDes sebagai dasar untuk meningkatkan kemampuan baik secara individu maupun secara lembaga desa di Desa Blimbing Kecamatan Blimbing Kota Malang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode ceramah, tanya jawab dan metode diskusi. Adapun tujuan inti dari pengabdian ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga pengelola BUMDes memilki kemampuan dalam menjalankan program yang tepat sasaran agar bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku, khususnya di Desa Blimbing Kecamatan Blimbing Kota Malang. Harapan lebih jauh ke depan tentunya diperlukan tindak lanjut oleh Pemerintah Kota dan semua pihak yang terkait serta perlu dilakukan kerjasama yang lebih erat dan terencana antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kota untuk menggali potensipotensi yang ada di wilayah tersebut.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Sri Harnani, Muhamad Mukhlis, Siti Aminah, Madda Elyana Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/553 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 EDUKASI TERKAIT RISIKO DAN BAHAYAPINJAMAN ONLINE ILEGAL https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/554 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Maraknya layanan pinjaman online (fintech) membuat kemudahan dalam melakukan pengajuan. Pinjaman online merupakan alternatif layanan keuangan lain yang mudah digunakan, dapat menghemat waktu dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya fintech, seseorang yang ingin mengajukan pinjaman cukup mendownload aplikasi atau mengakses website penyedia layanan pinjaman, mengisi data dan mengupload dokumen yang dibutuhkan, dan dalam hitungan jam, pinjaman langsung cair ke rekening nasabah. Namun, Pesatnya pertumbuhan penyedia layanan pinjaman online ini rupanya tidak diikuti dengan edukasi yang memadai kepada masyarakat. Akhirnya, efek samping pun muncul dari banyaknya macam pinjman online. Tujuan pengabdian ini lebih menitikberatkan kepada masyarakat yang belum memahami bahaya dari pinjaman online. Metode pendekatan yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini melalui metode pendekatan penyuluhan atau ceramah, kemudian diadakan tanya jawab, dengan metode tanya jawab ini masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya sesuai dengan tema penyuluhan. Pelaksanaan penyuluhan hukum di Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang Malang Provinsi Jawa Timur adalah untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang tinggi sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan memahami pentingnya pengetahuan tentang bahaya pinjaman online ilegal.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Meinarti Puspaningtyas, Andik Priyanto, Fina Amaliah Hidayanti, Eko Widiantoro Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/554 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 EDUKASI MENGENAI PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN UMKM DI KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/555 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Pengabdian masyarakat berupa penyuluhan hukum pelaksanaan pemungutan pajak penghasilan UMKM di Kota Semarang ini penting, karena diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum pajak para pelaku UMKM. Aspek perpajakan yang memperhatikan kepentingan dunia usaha (business friendly) perlu dijadikan paradigma baru. Dengan adanya globalisasi dan kebijakan perubahan struktural, UMKM semakin diperlukan. Peran negara adalah menyediakan kerangka regulasi yang efektif beserta mekanisme pengawasan dan penegakan. Latar belakang pengabdian masyarakat ini didasarkan pada kenyataan tentang tingkat ketaatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memenuhi kewajiban perpajakan masih sangat rendah. Kontribusi UMKM terhadap penerimaan pajak sangat kecil, yaitu kurang lebih 0.5% dari total penerimaan pajak. UMKM merupakan sektor ekonomi yang mempunyai peran cukup besar dalam perekenomian nasional. Berdasarkan data Produksi Domestik Bruto (PDB) tahun 2017, UMKM mempunyai kontribusi kurang lebih 57% total PDB. Namun demikian apabila dibandingkan dengan kontribusi UMKM terhadap penerimaan pajak, terdapat missmatch. Kegiatan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan Kecamatan Blimbing Kota Semarang. Mitra memiliki peran yang cukup kuat dalam menggerakkan pelaku UMKM di wilayahnya. Solusi yang ditawarkan adalah pembentukan kelompok kader sadar pajak sebagai model dan memberikan sosialisasi dan pendampingan pembayaran pajak penghasilan bagi pelaku UMKM. Solusi hasil yang disepakati, yaitu meningkatnya pengetahuan dan pemahaman tentang pembayaran pajak penghasilan UMKM., serta kemauan untuk membayar kewajiban pajak UMKM. Luaran yang dihasilkan, yaitu kader sadar pajak UMKM, dapat melakukan sosialisasi dan pendampingan untuk menjadi wajib pajak UMKM yang patuh dan sukarela.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Ema Sulisnaningrum, Yenni Fayanni, Fitri Malasari, Crista Dewi Anggi Putri Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/555 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 SOSIALISASI LEGALITAS BADAN USAHA SEBAGAI PERLINDUNGAN BAGI PELAKU UMKM https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/556 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Perkembangan perekonomian semakin hari semakin meningkat, meski dalam keadaan Pandemik dan banyak kegiatan usaha yang terdampak, namun roda perekonomian terus berputar. Dengan perkembangan perekonomian tersebut berakibat pada berkembangnya badan usaha yang memerlukan adanya daftar perusahaan, mengingat masih banyaknya badan usaha yang belum memiliki izin usaha atau legalitas. Daftar perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undangundang ini dan atau peraturan- peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan. Tujuan pengabdian ini lebih menitik beratkan kepada pelaku usaha yang belum memeiliki izin usaha secara resmi, adapun sasaran lain yang menjadi tujuan diadakanya penyuluhan ini yaitu pelaku usaha UMKM agar mendapatkan legalitas usahanya. Metode pendekatan yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini melalui metode pendekatan workshop, ceramah kemudian diakhir acara diadakan tanya jawab, dengan metode tanya jawab ini masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya sesuai dengan tema penyuluhan, atau masyarakat dapat bertanya di luar tema yang telah ditentukan. Adapun manfaat diselenggarakannya penyuluhan hukum di Desa Pakisjajar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur adalah mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati pentingnya izin usaha untuk keberlangsungan dan perkembangan usaha yang dijalaninya, terutama bagi pelaku UMKM.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Lina Damayanti, Cahya Budhi Irawan, Christin Hanifah, Murni Sariati Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/556 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENYULUHAN TENTANG BAHAYA NARKOBA DI SMKN 1 KOTA MALANG https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/557 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya narkotika terhadap siswa SMKN 1 Kota Malang. Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu memberikan kesadaran hukum terhadap siswa akan bahaya narkoba dari prespektif hukum dan kesehatan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah penyuluhan, ceramah dan diskusi. Hasil dan pembahasan yaitu Pengabdian Kepada masyarakat ini adalah penyuluhan hukum dengan melibatkan mahasiswa untuk praktek memberikan penyuluhan hukum di hadapan siswa-siswa SMKN 1 Kota Malang. Penyuluhan hukum tentang bahaya narkoba sangat dibutuhkan bagi generasi remaja, mengingat usia remaja mudah sekali terpengaruh pada perilaku menyimpang, termasuk dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Endah Ginanti, Eddy Priyanto, Suryaning Bawono, Vella Febrianto Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/557 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN BAGI UMKM DI KECAMATAN SINGOSARIKABUPATEN MALANG https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/558 <table class="NormalTable"> <tbody> <tr> <td style="border-style: none;" width="200"><span class="fontstyle0">Pelatihan ini merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dosen STIE Jayanegara Tamansiswa Malang. Tim PKM melihat bahwa pengelola UMKM di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang masih menghadapi kesulitan dalam mengelola keuangan, bisnis, serta memanfaatkan teknologi. Dengan demikian, Tim memutuskan untuk melakukan pelatihan tentang pemanfaatan aplikasi keuangan untuk memaksimalkan pengelolaan UMKM. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan ini telah secara efektif dilaksanakan. Dengan penggunaan aplikasi keuangan seperti Kasvlo dan Sribuu, para pengelola UMKM dapat mengelola bisnis dan keuangannya dengan mudah. Kedua aplikasi keuangan di atas dinilai sangat mudah digunakan untuk kalangan UMKM dan dapat membantu UMKM untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko, dan menciptakan dasar yang lebih kokoh untuk pertumbuhan bisnis berkelanjutan.</span></td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> Nuri Maulana Ikhsan, Rachmawati Rachman, M Fatih Hizbul Islam, Suprianto Copyright (c) 2024 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/558 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000