SOSIALIASI PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEMASARAN PRODUK HASIL UMKM DESA JONO KECAMATAN TEMAYANG
Indonesia
Keywords:
Usaha Mikro Kecil dan Menengah, ecommerceAbstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah sesuai undang-undang no.20 tahun 2008. Pertumbuhan perekonomian nasional tidak terlepas dari perekonomian pedesaan karena sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal dipedesaan. Apabila kondisi ekonomi di desa sudah maju dan mandiri maka masyarakat akan sejahtera. Desa Jono mempunyai potensi yang baik, diantaranya hasil perkebunan, pertanian, dan peternakan. Kondisi perekonomian desa Jono ditopang oleh aktivitas pasar dan letaknya yang jauh dari perkotaan dinilai kurang strategis dalam melakukan pemasaran produk. Perkembangan internet dan teknologi, seperti media pemasaran secara elekronik yang dikenal dengan ecommerce. Bagaimana potensi desa yang sudah dikelola dengan adanya UMKM bisa dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya dengan memanfaatkan media e-commerce. Fokus pengabdian kepada masyarakat di desa Jono kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro yaitu melatih dan melakukan pendampingan penggunaan secara terjadwal dalam memanfaatkan media e- commerce kepada pelaku UMKM guna meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM yang lebih luas, kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa Jono.