PENGARUH SIZE, TANGIBILITY, DAN PROFITABILITY TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN CONSUMERGOOD DI BURSA EFEK INDONESIA
Keywords:
size, tangibility, profitability dan struktur modalAbstract
Dalam pengelolaan bidang keuangan, salah satu unsur yang penting adalah kemampuannya memenuhi kebutuhan dana agar kegiatan usaha dapat berkembang. Struktur modal mencerminkan perimbangan antara hutang jangka panjang dan modal sendiri di dalam membelanjai aktiva yang ada dan perlu diperhatikan dengan baik komposisinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi struktur modal diantaranya seperti size, tangibility dan profitability. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel size, tangibility dan profitability terhadap struktur modal pada perusahaan consumergood yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Faktor tersebut dapat dipertimbangkan oleh perusahaan dan dapat dijadikan sumber informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menentukan struktur modal.
Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data perusahaan consumergood di Indonesia yang tercatat laporan keuangannya selama tahun 2010 - 2014. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sedangkan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian terdahulu digunakan uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t).
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa Dari hasil perhitungan hipotesis, diperoleh hasil untuk variabel Size tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap struktur modal, untuk variabel Tangibility tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal, untuk variabel Profitability berpengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal.