PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA / BEI

PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA / BEI

Authors

  • Hermawan Program Studi Akuntansi STIE Cendekia Bojonegoro

Keywords:

NPM, ROA, ROE, EPS, Price Stock

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis rasio profitabilitas yang terdiri dari Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap harga saham pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI

Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah duabelas perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010-2013. Dari dua belas perusahaan otomotif periode 2010-2013 yang terdaftar di BEI.Di ambil seluruhnya, karena seluruh populasi memenuhi kriteria penentuan sampel yaitu memiliki laporan keuangan yang terdaftar di BEI mulai 2010-2013.Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 48 sampel yang di dapat dari 12 (perusahaan otomotif) dikalikan dengan 4 (tahun periode). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda (Multiple Linier Regression).

Berdasarkan uji analisis secara simultan dan parsial, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Hasil analisis pengujian hipotesis secara simultan (uji F), diketahui bahwa variabel Net Profit Margin, Return On Assets, Return On Equity dan Earning Per Share secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap Harga SahamĀ  perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI periode 2010-2013. Hasil analisis pengujian hipotesis secara parsial (uji t), maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Net Profit Margin tidak berpengaruh terhadap harga saham. Return On Assets tidak berpengaruh terhadap harga saham. Return On Equity tidak berpengaruh terhadap harga saham. Earning Per Share berpengaruhterhadap harga saham.

Downloads

Published

2024-08-08