ANALISIS KEAKTIFAN MANAJEMEN RESIKO DALAM MENENTUKAN KEBIJAKAN STRUKTUR MODAL, KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT, TINGKAT RESIKO, DAN PROFITABILITAS BANK UMUM

Indonesia

Authors

  • Rika Yulia Prodi Akuntansi STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Eny Lestari Widarni Prodi Akuntansi STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Heni Purwantini Prodi Akuntansi STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang

Keywords:

Manajemen Resiko, Struktur Modal, Lending, Profitabilitas dan Resiko.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan manajemen resiko bank dalam mempengaruhi kebijakan Struktur Modal, keputusan Lending, tingkat Profitabilitas dan Resiko bank. Sample yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 bank yang memenuhi syarat dalam penelitian ini.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM ( Structural Equation Models).

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Faktor Permodalan dan Faktor Manajemen Resiko berpengaruh positif terhadap Faktor Lending. Faktor Resiko berpengaruh Negatif terhadap Faktor Lending, Faktor Permodalan dan Faktor Manajemen Resiko tidak berpengaruh positif terhadap Faktor Profitabilitas. Faktor Resiko berpengaruh positif terhadap Faktor Profitabilitas, Faktor Lending tidak berpengaruh positif terhadap Faktor Profitabilitas, Faktor Permodalandan Faktor Manajemen Resiko berpengaruh positif terhadap Faktor Resiko. Faktor Manajemen Resiko dan Faktor Profitabilitas berpengaruh Positif terhadap Faktor Struktur Modal, Faktor Resiko tidak berpengaruh Negatif terhadap Faktor Struktur Modal, Faktor Permodalan dan Faktor Lending tidak berpengaruh positif terhadap Faktor Struktur Modal.

Downloads

Published

2022-03-07