ANALISIS PERSEPSI MANAJER PERUSAHAAN ATAS INFORMASI KEUANGAN DI PT. SUPER SUKSES SEJAHTERA SURABAYA

Indonesia

Authors

  • Erna Sulistyowati Prodi Akuntansi FEB UPNV Jawa Timur

Keywords:

teknologi sederhana

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan pengaruh dari faktor-faktor seperti proses belajar, motivasi dan kepribadian terhadap persepsi manajer perusahaan atas informasi keuangan.

 

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi manajer perusahaan atas informasi keuangan sebagai variabel terikat sedangkan variabel bebasnya adalah proses belajar, motivasi dan kepribadian.

 

Populasi Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah manajer dan assisten manajer PT. Super Sukses Sejahtera di Surabaya berjumlah 35 orang. Penarikan sampel menggunakan metode “Simple Random Sampling” Dari hasil penarikan sampel yang diambil diperoleh sebanyak 32 responden

 

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menggambarkan pengaruh linier antara variabel bebas dan variabel terikat. Uji hipotesis menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan setara simultan (uji F).

Hasil penelitian disimpulkan bahwa secara simultan proses belajar, motivasi dan kepribadian berpengaruh terhadap persepsi manajer atas informasi akuntansi keuangan. Secara parsial untuk variabel proses belajar dan variabel motivasi berpengaruh terhadap persepsi manajer atas informasi akuntansi keuangan. Sedangkan variabel kepribadian tidak berpengaruh terhadap persepsi manajer atas informasi akuntansi keuangan

Downloads

Published

2019-09-09