STUDI PENERAPAN PENCATATAN KEUANGAN BAGI PELAKU USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

Indonesia

Authors

  • Nurul Hidayah Prodi Akuntansi STIEKN Jaya Negara Malang
  • Yenni Fayanni Prodi Akuntansi STIEKN Jaya Negara Malang

Keywords:

Akuntansi, Usaha Kecil Menengah, Laundry Kiloan

Abstract

Laundry kiloan adalah usaha yang menawarkan jasa yang berhubungan dengan pencucian dalam jumlah kiloan. Perkembangan usaha laundry ini dapat di nilai dari sistem pengelolaan dan pencatatan keuangannya. Bentuk pencatatan yang berjalan pada usaha laundry masih dilakukan secara sederhana berdasarkan ketentuan pemilik usaha tersebut. Mereka menganggap pencatatan akuntansi tersebut terlalu rumit untuk di laksanakana sehingga yang di gunakan adalah pencatatan secara global untuk menghitung keluar masuknya keuangan dan untung ruginya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pencatatan keuangan pada usaha laundry kiloan dan untuk mengetahui pemahaman pemilik terhadap akuntansi keuangan. Metode yang di gunakan adalah metode kualitatif untuk menggali dan menjelaskan penerapan pencatatan keuangan pada usaha kecil menengah.

Berdasarkan observasi di temukan bahwa pemahaman pencatatan keuangan oleh pemilik sebagian usaha laundry kiloan masih menggunakan pencatatan yang sederhana dan mudah di pahami oleh mereka. Meskipun sebagian ada yang menggunakan akuntansitetapi secara sederhana. Hal tersebut di lakukan karena mereka berfikir hanya untuk mengetahui hasil keuntungan setiap harinya, bulannya secara mudah melalui pencatatan keluar masuknya keuangan.

Downloads

Published

2019-09-09