PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI PADA TAHUN 2015 – 2017

Indonesia

Authors

  • Vira Nadian Shaleha Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Meinarti Puspaningtyas Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang
  • Endah Ginanti Prodi Manajemen STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang

Keywords:

Harga saham , Likuiditas dan Profitabilitas .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas yang diproyeksikan oleh current ratio dan profitabilitas yang diproyeksikan oleh return on equity terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi . Periode yang digunakan selama 3 tahun , dari tahun 2015 sampai tahun 2017 . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif . Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling . Berdasarkan kriteria yang ditentukan , didapat 26 perusahaan yang menjadi sampel penelitian ini . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda .

Berdasarkan hasil analisis data , profitabilitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap harga saham . Likuiditas tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap harga saham . Secara simultan likuiditas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham . Profitabilitas memiliki pengaruh dominan terhadap harga saham . Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 20,8 % dan sisanya sebesar 79,2 % dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain seperti ROI , NPM , EPS yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini .

Published

2021-10-18